Informasi

Perhatikan 4 Hal ini Agar Kopi Rumahan Serasa Cafe

Oleh Kopi AyoGoweb | 06-11-2022 13:47:12

Banyak orang mencoba untuk membuat kopi di rumah ala barista di cafe. Namun kenapa beda ya rasanya? Nah, ini ada 4 hal yang menjadi faktor utama agar minuman kopi kamu bisa serasa buatan barista.
ilustrasi Perhatikan 4 Hal ini Agar Kopi Rumahan Serasa Cafe
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Membuat kopi ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan, ada teknik dan faktor tertentu yang wajib mendapat perhatian agar minuman kopi yang dibuat rasanya enak dan sesuai selera.

Dilansir dari Times of India yang dikutip oleh detik.com, ada empat hal utama yang wajib mendapat perhatian bagi para pembuat kopi.

1. Biji kopi

Usahakan menggunakan biji kopi utuh, kemudian digiling sendiri. Cara ini dilakukan untuk menghindari mengkonsumsi kopi yang telah terpapar oksigen, kelembapan, dan faktor lain yang bisa menurunkan kualitasnya.

Selain itu, dengan menggiling kopi sendiri, akan mengeluarkan aroma dan rasa yang kuat dari secangkir kopi yang dibuat.

Perhatikan juga masalah penyimpanan biji kopinya. Jika punya banyak biji kopi di rumah, jangan simpan di sembarang tempat.Selalu simpan biji kopi yang sudah dibuka dalam wadah kedap udara.

Jangan biarkan biji kopi yang telah dipanggang dibiarkan di ruang terbuka, karena biji kopi mudah menjadi lembab.

 

2. Air Seduhan

Teknik seduhan adalah faktor penting ketika membuat kopi. Terutama terkait air.  Air memainkan peran besar dalam menciptakan rasa kopi.

Gunakan air murni atau air bersih, jangan gunakan air yang berbau. Kemudian, untuk mengekstrak rasa kopi, air seduhan harus berada pada suhu optimal yaitu sekitar 92 hingga 95 derajat celcius.

Menurut pengalaman banyak orang, jika kopi diseduh di bawah titik didih air, maka tidak akan muncul keasaman yang tepat. Namun sebaliknya, jika diseduh pada suhu optimal, akan mengeluarkan rasa manis dan kompleksitas yang tepat.
 

3. Mesin dan Alat Seduh

Alat pembuat atau penyeduh kopi harus bersih. Noda yang masih tersisa pada mesin pembuat atau alat penyeduh kopi akan menurunkan kualitas rasa dan aroma minuman kopi.

Beberapa mesin kopi memiliki bagian yang tidak rutin dibersihkan, tentu akan banyak noda kopi yang menempel. Sehingga minuman kopi bisa berubah menjadi asam, pahit bahkan ada rasa seperti logam.

Usahakan selalu bersihkan mesin atau alat penyeduh kopi, agar tidak terjadi penumpukan noda pada perangkat tersebut.

 

4. Timbangan

Takaran kopi adalah faktor penentu untuk menghasilkan kopi yang enak dan sesuai selera. Timbangan adalah alat yang umum digunakan untuk mengukur takaran bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kopi.

Timbangan digunakan untuk menjaga rasio antara jumlah kopi yang digunakan dengan jumlah air. Ketepatan yang ditawarkan oleh timbangan bukan hanya meningkatkan rasa dan keseimbangan kopi, tetapi juga membantu menghasilkan rasa yang konsisten.

 

src: detik.com

ilustrasi: freepik.es

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb