Berita

Enam Kopi Saset Mengandung Obat Impotensi ini Berbahaya

Oleh Kopi AyoGoweb | 03-04-2022 14:15:43

Enam merek kopi saset yang beredar di wilayah Bandung dan Bogor, Jawa Barat, disebut mengandung obat kimia berupa paracetamol dan sildenafil.
ilustrasi Enam Kopi Saset Mengandung Obat Impotensi ini Berbahaya
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Temuan enam merek kopi yang mengandung obet kimai ini disampaikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) usai melakukan operasi penindakan obat tradisional dan bahan pangan ilegal pada Februari 2022 lalu.

Dalam operasi penindakan tersebut, BPOM menemukan barang bukti berupa 15 kilogram jenis pangan olahan yang mengandung bahan kimia obat (BKO) dan 36 jenis obat tradisional mengandung bahan kimia obat.  

Selain itu, sebanyak 32 kilogram bahan baku obat ilegal berupa paracetamol dan sildenafil juga ditemukan bersamaan dengan 5 kilogram bahan campuran setengah jadi.

Salah satu produk olahan pangan yang kedapatan mengandung paracetamol dan sildenafil itu adalah beberapa merek kopi saset.

Berikut ini 6 merek kopi saset yang mengandung paracetamol dan sildenafil berdasarkan temuan BPOM: 

- Kopi Bapak 

- Kopi Cleng 

- Kopi Jantang 

- Spider 

- Urat Madu 

- Jakarta Bandung 

Tak hanya mengandung paracetamol dan sildenafil, keenam merek kopi saset tersebut juga mengantongi izin BPOM palsu di kemasannya.

Bahaya Paracetamol dan Sildenafil Pada Kopi

Interaksi kafein dengan paracetamol dapat menimbulkan kerusakan organ hati alias liver. Efek samping penyalahgunaan paracetamol dapat menyebabkan kerusakan hati. Berdasarkan studi yang dimuat Scientific Reports, obat pereda nyeri dan demam tersebut dapat merusak sel dan jaringan liver jika dikonsumsi berlebihan.

Tidak hanya memicu kerusakan hati, konsumsi kopi dengan kandungan paracetamol dapat pula mencetuskan kerusakan ginjal. Hal ini terjadi karena paracetamol diekskresikan (dikeluarkan) lewat ginjal, usai dimetabolisme oleh hati.

Sedangkan Obat kimia sildenafil yang dikonsumsi tanpa memperhatikan dosis dapat berakibat pada ereksi yang berkepanjangan.  Sebab, sildenafil atau sering dikenal dengan nama viagra merupakan obat impotensi pada pria yang digunakan untuk mengobati masalah disfungsi ereksi.

"Siapa pun yang mengonsumsi ini ya kemudian gangguan-gangguan lainnya bahkan bisa menyebabkan kematian, penyakit kanker juga memungkinkan tentunya," ujar Kepala BPOM Penny K Lukito.
 

Sumber Informasi dari internet

Ilustrasi dari tribunnews.com

 

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb