Berita

Kopi Indonesia Ditolak Masuk ke Jepang

Oleh Kopi AyoGoweb | 01-11-2022 18:18:03

Ekspor kopi asal Indonesia terancam, setelah importir Jepang menolak kopi asal Indonesia masuk ke negeri sakura tersebut. Apa penyebabnya ?
ilustrasi Kopi Indonesia Ditolak Masuk ke Jepang
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Penolakan Kopi asal indonesia masuk ke jepang disebabkan karena Bea cukai negeri matahari terbit, Jepang, telah mendapati adanya kandungan kimia isoprocarb, melebihi ambang batas 0.01 ppm pada kopi asal Indonesia.

Akibatnya sejak awal 2022 importir negara jepang mulai menghentikan pembelian kopi dari Indonesia.

"Sejak Januari hingga sekarang, pihak Jepang sudah tidak lagi membeli kopi Indonesia khususnya kopi robusta dari Lampung. Sehingga dampak penurunan ekspor kopi ini, akan terlihat tahun depan,"kata Hutama Sugandhi, ketua umum Gabungan Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI), dikutip dari CNN Indonesia.com.

Ditambahkan pula bahwa Pada tahun 2023 mendatang, ekspor kopi asal Indonesia ke Jepang diperkirakan akan turun drastis bahkan hingga 50 persen atau lebih. Dengan demikian Indonesia akan mengalami kerugian hingga mencapai lebih dari 18 ribu metrik ton atau menimal US$36 juta.

Jika permasalahan terkait kandungan kimia isoprocarb ini tidak segera diatasi maka kemungkinan besar pasokan kopi Indonesia akan diserobot pemasok kopi asal vietnam.

Apa itu isoprocarb, zat kimia yang terkandung pada kopi asal Indonesia ?

Isoprocarb adalah bahan aktif yang ditemukan dalam insektisida. Dikutip dari cnn indonesia.com, isoprocarb termasuk jenis insektisida karbamat non-sistematis.

Dalam perkebunan, pemakaian insektisida karbamat memang tidak seluas jenis insektisida lainnya. Namun efek dari inesktisida ini disebut lebih cepat dan selektif.

Insektisida isoprocarb digunakan untuk mengendalikan hama kutu pada tanaman kopi.

Kasus pencemaran residu isoprocarb dalam kopi ini diduga bermula dari perilaku oknum petani yang 'menyemprotkan' insektisida berbahan aktif isoprocard ke tanaman kopi untuk mengusir semut saat panen, sehingga terdapat risidu yang masih tersisa pada kopi hasil panen teresebut.

src: CNN Indonesia.com

gbr: CNN Indonesia.com

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb