Kesehatan

Alasan Orang Berusia Lanjut Disarankan Minum Kopi

Oleh Kopi AyoGoweb | 04-11-2022 17:53:14

Minum kopi bukan hanya untuk anak muda, namun sangat disarankan dikonsumsi juga oleh orang berusia lanjut. Karena kopi mengandung khasiat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
ilustrasi Alasan Orang Berusia Lanjut Disarankan Minum Kopi
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Minum kopi secara rutin sangat dianjurkan untuk orang usia lanjut. Dilansir dari Fall Brook Glen (03/11), yang dikutip oleh detik.com, terdapat beberapa alasan kenapa orang berusia lanjut disarankan mengkonsumsi kopi.

Pertama, kopi bisa menjadi sumber antioksidan

Kopi yang belum diproses, biji kopi yang masih alami, dikemas dengan ribuan antikosidan yang tingkatnya terus bertambah dalam proses roasting atau penyangraian. 

Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah penuaan dini, serta mengurangi risiko penyakit kanker hingga jantung. Antioksidan juga bisa mencegah radikal bebas yang dapat menghancurkan sel-sel dalam tubuh.

Kedua, melindungi fungsi otak

Kafein yang terkandung dalam kopi, dapat menstimulasi pengeluaran beberapa hormon tertentu. Mengurangi efek lelah dan capek pada tubuh, serta mengurangi penurunan tingkat kognitif (daya ingat) yang biasanya dialami oleh orang berusia lanjut.

Ketiga, mengurangi risiko terserang penyakit

Semakin bertambah usia biasanya semakin rentan pula terserang panyakit atau infeksi karena daya tahan tubuh yang menurun.

Pada setiap 8 ons kopi, terkandung nutrisi dan vitamin B1, B2, B5, postasium hingga magnesium. Ketika kopi diminum secara teratur, maka kandungan yang terdapat pada kopi tersebut bisa untuk mengurangi risiko terserang kanker, diabetes tipe dua, penyakit hati, depresi, hingga stroke.

Keempat, mencegah penyakit alzheimer dan demensia

Penyakit Alzheimer dan demensia, sering melanda orang bersusia lanjut. Penyakit ini belum ada obatnya, namun bisa dicegah.

Minum kopi secara rutin dan teratur, mampu mencegah timbulnya alzheimer, karena kopi bisa mencegah peradangan yang tidak diinginkan di otak.

Peluang orang usia lanjut mengalami alzheimer di usia 70 tahun ke atas, lebih kecil terjadi dibandingkan yang tidak mengkonsumsi kopi.

 

Namun yang perlu diperhatikan, walaupun kopi bisa menjadi salah satu faktor pencegah, namun harus diiringi juga dengan gaya hidup sehat dan pola makan sehat.

Mengkonsumsi kopi pun ada batasannya, maksimal dua cangkir saja per hari, dan sebisa mungkin hindari menggunakan pemanis atau gula tambahan, agar khasiat kopi dapat terasa maksimal.   

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb