Kesehatan

Dampak Buruk Minum Kopi di Sore dan Malam Hari

Oleh Kopi AyoGoweb | 21-03-2022 17:49:41

Tidak setiap waktu baik untuk minum kopi. Ternyata kebiasaan minum kopi di sore dan malam hari bisa berdampak buruk . Apa saja dampak buruk yang bisa terjadi ketika minum kopi di sore ataupun malam hari?
ilustrasi Dampak Buruk Minum Kopi di Sore dan Malam Hari
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Ngopi dulu ah, begitu kalimat celetukan yang sering didengar setelah bekerja di sore atau malam hari. Sambil mengajak teman untuk mencari tempat nongkrong coffee shop untuk melepas lelah setelah bekerja seharian. Pastinya minuman kopi adalah menu wajib ketika nongkrong di coffee shop pada sore atau malam hari.

Ternyata kebiasaan minum kopi di sore atau malam hari bisa berdampak buruk terutama gangguan tidur. Tidak hanya berdampak pada gangguan tidur saja, namun ada beberapa dampak buruk lainnya. Dilansir dari Livestrong, ada sejumlah dampak buruk yang bisa muncul dari kebiasaan minum kopi pada sore ataupun malam hari.

Membuat gelisah

kopi mengandung kafein yang mana itu merupakan stimulan yang bisa membuat tubuh kita tetap terbangun dan terjaga.Sehingga kopi sebenarnya hanya cocok diminum saat pagi hari sebelum beraktivitas.

Namun ketika kopi diminum pada sore atau malam hari,maka bisa muncul rasa gelisah, tegang, atau jantung berdebar yang pada akhirnya membuat kesulitas untuk tidur nyenyak di malam hari.

Menganggu ritme alami tubuh

Karena kandungan kafein pada kopi merupakan stimulan yang bisa membuat tubuh kita tetap terjaga, maka meminum kopi dekat dengan waktu tidur bisa menganggu total waktu tidur yang kita butuhkan agar bisa merasa segar keesokan harinya.

Berdasarkan penelitian yang dipbulikasikan pada 2017, kafein ternyata tak hanya memperpanjang waktu yang dibutuhkan seseorang hingga tertidur namunjuga menurunkan kualitas tidur.

Jika ini terjadi dalam jangka panjang, maka bisa menimbulkan dampak kesehatan yang lebih buruk yaitu meningkatnya risiko depresi, diabetes, dan bahkan penyakit jantung.

Sering buang air di malam hari

Kebiasaan minum kopi di sore atau malam hari bisa membuat tubuh sering buang air di malam hari.

Hal ini terjadi karena kafein yang ada pada kopi memiliki efek diuretik yang bisa membuat lebih sering buang air kecil.

Kalau sering buang air kecil di malam hari, tentu bisa berdampak pada kualitas tidur seseorang,

keringat di malam hari

Konsumsi kopi di sore dan malam hari bisa menjadi penyebab terjadinya keringat di malam hari. Apalagi bagi mereka yang sedang menapouse, konsumsi kafein bisa meningkatkan keringat pada malam hari.

Lapar di malam hari

Berbagai penelitian menyatakan bahwa kafein pada kopi memiliki efek yang menekan nafsu makan ketika jika dikonsumsi 30 menit hingga 4 jam sebelum makan.

Ketika minum kopi di sore atau malam hari, pada saat itu mungkin tidak merasa lapar, namun justru nanti pada malam harinya ini bisa membuat dirimu lebih lapar.

 

sumber informasi dari merdeka.com

ilustrasi dari superlive.id

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb