Informasi

Kopi Arabika dan Robusta, Tumbuh di Lokasi Seperti Apa?

Oleh Kopi AyoGoweb | 12-04-2022 14:04:20

Kopi jenis robusta dan arabika,kedua jenis kopi yang mendominasi pasar kopi dunia. Tulisan kedua jenis kopi ini barangkali sering Kamu lihat di kemasan produk kopi. Tahukah kamu dilokasi seperti apa kedua jenis kopi ini bisa tumbuh subur?
ilustrasi Kopi Arabika dan Robusta, Tumbuh di Lokasi Seperti Apa?
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Kopi jenis robusta dan arabika, kedua kopi ini merupakan dua jenis kopi yang berbeda. Salah satu hal yang paling membedakan pastinya terletak pada tempat dimana dua spesies kopi ini tumbuh, Apa saja beda kopi robusta dan arabika dalam hal lokasi tempat kedua jenis kopi ini tumbuh?

Kopi Arabika

Asal muasal Kopi arabika berasal dari dataran tinggi ethiopia barat, bukan dari arab seperti namanya. Kopi ini disebut arabika karena pada abad ke-7, biji kopi ini dibawa ke sebuah daerah dataran rendah di Arab, lalu dijual ke berbagai negara oleh pedagang arab kala itu.

Tanaman kopi arabika tumbuh di daerah subtropis  dengan ketinggian 700-1700 mdpl, atau ada yang mengatakan idealnya tunbuh pada ketinggian 3000-7000 kaki di atas permukaan laut. 

Jika tanaman kopi arabika ditanam di daerah dengan ketinggian di bawah 700 mdpl, tanaman kopi arabika ini rawan terhadap jenis penyakit karat daun atau lebih dikenal dengan HV atau Hemileia Vastatrix.

Jika dilihat dari kondisi alamnya, lokasi tumbuh ideal tanaman kopi arabika ini adalah kawasan dataran tinggi dengan suhu yang sejuk antara 16-20 drajat, lingkungan yang lembab yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin,  punya tanah gembur (tanah vulkanik), curah hujan merata, serta sinar matahari yang cukup.

Tanaman kopi arabika adalah jenis tanaman kopi yang tidak mudah dirawat, dimana tanaman kopi ini cukup rentan terhadap hama dan penyakit. Tanaman kopi arabika tidak mampu bertahan pada perubahan cuaca yang cukup ekstrem.

 

Kopi Robusta 

Berbeda dengan Arabika, kopi Robusta berasal dari Afrika Barat dan tumbuh pada dataran yang lebih rendah dan suhu lebih tinggi.

Tanaman kopi robusta idealnya tumbuh di lokasi dengan ketinggian di bawah 700 mdpl. Tanaman kopi robusta mampu bertahan pada cuaca yang panas sekalipun. 

Tanaman kopi robusta lebih mudah dikembangkan, karena lebih kebal dari hama penyakit. Oleh karena itu harga jual biji kopi robusta lebih murah daripada arabika.

Ketahanan tanaman kopi robusta terhadap hama penyakit  disebabkan karena pada tanaman kopi robusta terdapat kandungan kafein dan asam klorogeniknya yang tinggi, yang berfungsi sebagai pestisida alami untuk melindungi diri dari serangan hama dan penyakit. 

Walaupun tanaman kopi robusta lebih mudah untuk ditanam dan dirawat dibandingkan arabika, serta tahan terhadap hama penyakit, namun tetap saja tanaman kopi robusta ini masih perlu perhatian khusus, karena  pohon tanaman robusta lebih rentan diserang serangga.

Jika panen, jumlah biji kopi yang dihasilkan oleh tanaman kopi robusta lebih tinggi dibandingkan arabika. Tanaman kopi robusta ini mulai berbuah pada suhu udara yang lebih hangat.

 

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb