Informasi

Mau Buka Coffee Shop di Perkotaan? Sasar 3 Target Potensial ini

Oleh Kopi AyoGoweb | 16-03-2022 13:55:03

Ketika memulai buka bisnis coffee shop atau kedai kopi, hal pertama yang mesti diketahui adalah target pasarnya siapa? Kalau kamu mau buka bisnis coffee shop di perkotaan, ada 3 target pasar potensial yang bisa kamu garap.
ilustrasi Mau Buka Coffee Shop di Perkotaan? Sasar 3 Target Potensial ini
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Target pasar merupakan calon konsumen yang akan kamu incar untuk mengkonsumsi minuman kopi yang  disajikan oleh kedai kopi atau coffee shop yang kamu dirikan.

Ada banyak target pasar yang bisa kamu sasar. Target pasar bisa digolongkan berdasarkan usia mereka, pekerjaan mereka, aktifitas mereka, atau pendapatan mereka, dll. Kamu tinggal pilih. 

Namun pastikan pemilihan target pasar nantinya disesuaikan dengan kamampuan coffee shop dan kualitas dan harga minuman kopinya. 

Jangan pula kamu menyasar segmen kalangan menengah atas, namun susana coffee shop dan kualitas minuman kopi yang tersaji berupa seduhan kopi sachet, dan kamu dirikan pula di sekitar perumahan mewah. Besar kemungkinan coffee shop kamu akan sepi. 

Atau jangan pula kamu menargetkan pasar mahasiswa, namun harga yang dipatok sangat mahal, sehingga tidak cocok dengan isi kocek mereka.

Kalau bisnis coffee shop kamu ada di perkotaan, ada tiga target pasar yang potensial bisa kamu garap berdasarkan golongan pekerjaan mereka.

 

Mahasiswa

Mahasiswa merupakan target pasar yang potensial untuk digarap. Kamu harus tahu karakter mereka, kegiatan mereka, dan isi kocek mereka, agar konsep coffee shop dan minuman kopi yang disajikan sesuai dengan selera mereka dan terjangkau oleh mereka. 

Aktifitas keseharian mahasiswa berkutat pada tugas kuliah dan berkumpul. Tipikal aktifitas tersebut sangat cocok dalam bisnis coffee shop. 

Konsep yang bisa kamu terapkan untuk menjangkau pasar mahasiswa mungkin coffee shop sebagai tempat nongkrong yang ramah untuk mahasiswa, atau coffee shop berkonsep working space.

Biasanya mahasiswa datang ke coffee shop untuk berkumpul, bercengkrama, dan bercerita antar teman setelah jam kelas nya usai. Biasaya coffee shop akan ramai saat memasuki sore hari hingga malam hari. Jadi kamu bisa membuka coffee shopnya mulai sore hingga malam hari.

Selain itu, mahasiswa juga perlu tempat yang tenang dan nyaman untuk mengerjakan tugas kuliah, yang tidak bisa dilakukan di kost an mereka, karena sering kali mereka berkelompok bersama teman-temannya untuk bisa berdiskusi, maka mereka akan mencari coffee shop yang dapat memberikan suasana nyaman dan tenang yang dilengkapi fasilitas wi-fi. 

Fasilitas pesan online pun sebaiknya diterapkan juga oleh coffee shop yang menyasar pasar mahasiswa. Karena biasanya mereka mengerjakan tugas hingga larut malam. Kopi dan makanan ringan selalu menjadi teman mereka saat mengerjakan tugas.

Faktor lokasi juga penting diperhatikan. Kalau menyasar mahasiswa yang ingin nongkrong melepas penat setelah jam kuliah, lokasi di sekitar kampus bisa jadi pilihan. Namun jika menyasar mahasiswa yang membutuhkan lokasi yang nyaman untuk mengerjakan tugas hingga larut malam, lokasi di dekat kawasan kost an mahasiswa bisa jadi pilihan. 

Pekerja

Pekerja di area perkotaan terbagi dari berbagai sektor pekerjaan. Mulai dari pekerja kantoran hingga pekerja lapangan.

Masing-masing pekerja tersebut memiliki selera yang berbeda. Jadi pastikan konsep coffee shop yang kamu terapkan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan pastikan lokasinya dekat dengan lingkungan kerja mereka.

Kalau kamu menargetkan pasar pekerja kantoran, maka kamu bisa mencari lokasi di sekitar kawasan perkantoran, dengan konsep coffee shop yang memberikan suasana yang bisa menyegarkan pikiran mereka setelah bekerja.

Jangan lupa juga untuk menerapkan faslitas pesan online, karena pekerja kantoran seringkali tidak bisa meninggalkan  ruang kerja mereka, namun mereka butuh kopi atau makanan ringan untuk menemani mereka.

Kalau  menyasar target pasar pekerja kantoran, sebaiknya coffee shop kamu sudah buka sejak pagi hari.

Remaja 

Remaja dalam artian adalah anak muda yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). 

Anak remaja bisanya mencari tempat untuk bersosialisasi. Mereka mencari tempat untuk aktualisasi diri. Mereka mencari tempat untuk mengasah potensi diri. Sehingga kamu bisa buka coffee shop di sekitar lingkungan tempat-tempat itu, seperti misalkan di dekat tempat les, kursus, atau mall.

Untuk konsepnya, anak remaja biasanya mencari tempat yang instagrammable alias tempat yang bisa untuk foto-foto. Maka dari itu coffee shop yang menampilkan suasana yang instagrammable menjadi magnet tersendiri bagi kaum remaja.

 

Ilustrasi dari detik.com

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb