Kesehatan

5 Dosa Penikmat Kopi yang Sebaiknya Dihentikan

Oleh Kopi AyoGoweb | 05-01-2022 11:31:55

Bagi penikmat kopi di mana pun Anda berada, jika Anda melakukan 5 dosa besar di bawah ini, segera hentikan perbuatan itu dan bertobat. ASAP!
ilustrasi 5 Dosa Penikmat Kopi yang Sebaiknya Dihentikan
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Sejak maraknya kedai kopi kekinian di bumi Nusantara, sejak itu pula penikmat kopi di negeri ini bertambah banyak. Databox mencatat ada kenaikan konsumsi kopi di Indonesia sebanyak 44 persen dalam lima tahun terakhir. Ini kabar buruk atau kabar baik? Bagi saya sih kabar baik karena semakin banyak orang minum kopi, semakin banyak pula petani kopi yang diuntungkan.

ebagai seorang yang gemar dan jatuh cinta sama kopi sampai nggak bisa pisah dengan minuman ini, saya menemukan beberapa perilaku zalim yang dilakukan orang terhadap kopi. Bahkan, dosa-dosa ini sering kali dilakukan mereka yang mengaku sebagai pencinta kopi garis keras. Bagi penikmat kopi di mana pun Anda berada, jika Anda melakukan 5 dosa besar di bawah ini, segera hentikan perbuatan itu dan bertobat. ASAP!

 

#1 Memberi gender pada secangkir kopi

Sering kali saat datang ke kedai kopi bersama teman laki-laki, saya mengorder espresso dan teman saya memesan teh hangat. Entah kenapa saat pramusaji mengantarkan minuman kami, espresso-nya malah diberikan ke teman saya, sementara tehnya diberikan pada saya. Kejadian seperti ini nggak hanya sekali dua kali, tapi sering kali terjadi. Seolah-olah kopi merepresentasikan laki-laki.

Nggak hanya itu. Ketika saya minum kopi tubruk, beberapa orang akan bertanya, “Perempuan kok ngopi tubruk? Perempuan kok ngopi kothok?” Lha, memangnya cuma laki-laki yang boleh minum kopi tubruk, kopi kothok, atau espresso? Perempuan juga ada kok yang suka.

Jadi, tolonglah pada siapa saja yang mengaku penikmat kopi, apalagi barista di kedai kopi, kalau ada perempuan yang pesan espresso jangan langsung dijustifikasi asal pilih atau bahkan ditertawakan. Nggak semua perempuan suka minum kopi gula aren, lho. Ada juga yang memang suka kopi pekat. Dan perempuan yang memesan secangkir espresso bukan sebuah kesalahan.

#2 Memberi aneka gula dan topping

Segelas kopi tanpa gula yang kita konsumsi tiap hari ternyata memberi efek positif bagi tubuh, di antaranya bisa membakar lemak, menjaga kesehatan lever, hingga mencegah diabetes. Kopi juga memiliki kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Yang paling penting, secangkir kopi bisa memperbaiki mood dan sangat efektif menghilangkan stres.


Selengkapnya baca di mojok.co

Kata Kunci: kopi, dosa kopi

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb