Informasi

Cara Bersihkan Noda Kopi pada Cangkir

Oleh Kopi AyoGoweb | 02-11-2022 13:30:23

Setelah minum kopi, barangkali banyak yang malas untuk langsung mencuci cangkirnya , sehingga menyisakan noda yang tertempel. Jika dibiarkan lama, maka cangkir akan terlihat kotor. Bagaimana cara membersihkannya?
ilustrasi Cara Bersihkan Noda Kopi pada Cangkir
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Pada kopi biasanya ada zat perwarna yang dikenal sebagai tanin atau asam tanat. Zat ini adalah zat yang digunakan untuk memberi warna pada kopi.

Zan asam tanat tidak berbahaya bagi tubuh, namun dapat membuat cangkir atau mug terlihat kotor.

Untuk menghilangkannya ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Pertama, dapat menggunakan tablet pembersih gigi palsu dan air mendidih yang didiamkan sebentar pada noda, kemudian cuci gelas cangkir atau mug seperti biasa.

Saat ditempatkan dalam cangkir dengan air panas, tablet akan mulai mendesis dan bekerja menghilangkan noda cokelat pada cangkir.

Disarankan membiarkannya terendam sekitar 10 menit dan ulangi jika masih terdapat noda.

Cara lain, adalah dengan menggunakan garam dan air.

Garam juga bisa membantu menghilangkan noda yang menempel pada cangkir atau mug. Buat pasta dengan garam dan air, kemudian gosokkan bekas noda hingga menghilang.

Untuk memastikan noda terangkat, campuran garam tersebut dapat digosokkan dengan kain mikrofiber.

Dengan menambahkan cuka putih juga dapat membantu menciptakan abrasif, tapi juga lembut. Soda bikarbonat juga bisa digunakan dengan mencampurnya bersama air untuk membuat pasta sebelum mengoleskannya pada noda.

Walaupun terdapat berbagai cara untuk membersihkan noda pada cangkir kopi, namun cara terbaik adalah melakukan pencegahan sejak awal, yakni dengan langsung mencuci cangkir kopi tersebut setelah digunakan, sehingga noda tidak menempel.
 

source: kompas.com

ilustrasi: kompas.com

 

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb