Informasi

Minum Kopi Ternyata Baik Untuk Terhindar dari Penyakit Hati

Oleh Kopi AyoGoweb | 01-04-2022 20:33:28

Kopi ternyata banyak manfaatnya, selain bagus untuk kesehatan jantung, ternyata minum kopi juga bagus untuk kesehatan hati.
ilustrasi Minum Kopi Ternyata Baik Untuk Terhindar dari Penyakit Hati
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Dilansir dari Eat This Not That, dari penelitian yang dilakukan terus-menerus menunjukkan bahwa kopi dapat memiliki efek hepatoprotektif, yang berarti bahwa kopi dapat membantu melindungi hati Anda dari kerusakan.

Berikut dampak yang terjadi pada hati Anda ketika meminum kopi yang harus Anda ketahui:

Kopi dapat melindungi Anda dari fibrosis hati

Fibrosis hati adalah masalah serius yang disebabkan oleh penumpukan terlalu banyak jaringan parut di hati Anda.

Pembentukan fibrosis berawal dari peradangan atau cedera hati yang berulang-ulang atau berlangsung dalam jangka panjang. Peradangan dan cedera hati biasanya timbul akibat penyakit hati kronis, seperti hepatitis B, hemokromatosis, atau perlemakan hati.

Namun untuk meringankan fibrosis hati, maka bisa dilakukan melalui perubahan gaya hidup dan obat-obatan. Salah satunya dengan mengkonsumsi kopi.

Satu studi dari The Journal of Hepatology menemukan bahwa minum kopi (dan teh) secara teratur dapat membantu mengurangi risiko fibrosis hati.

Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan berkurangnya kekakuan hati.

Kopi dapat membantu Anda mengelola kadar enzim hati.

Hati mengandung enzim yang mempercepat proses tertentu dalam tubuh, seperti memecah racun, produksi empedu, dan membantu melawan infeksi dalam tubuh.

Jika tubuh memproduksi terlalu banyak enzim ini, maka enzim tersebut dapat bocor ke aliran darah, yang bisa menjadi tanda penyakit atau kerusakan hati.

Nah, kopi dapat menurunkan konsentrasi enzim hati, khususnya pada orang yang suka mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak.

Kopi juga dapat menurunkan enzim ini pada orang yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit hati.

Kopi dapat mengurangi risiko sirosis

Sirosis hati adalah tahap lanjut dan lebih parah dari jaringan parut hati.

Sayangnya, sirosis biasanya tidak dapat disembuhkan seperti halnya fibrosis, bahkan dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan yang serius. Untungnya, konsumsi kopi dapat membantu mengurangi sirosis.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi juga dapat membantu mengurangi risiko sirosis alkoholik (tahap selanjutnya dari penyakit hati alkoholik), serta mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh sirosis alkoholik.

Kopi dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit hati

Konsumsi kopi dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan hati Anda. Menurut WHO, meminum minuman kopi juga dapat mengurangi risiko kanker hati. Kopi juga dapat memperlambat perkembangan penyakit hati bagi sebagian orang.

sumber informasi dari bisnis.com

ilustrasi dari detik.com

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb