Informasi

Minuman Kopi Terasa Kurang Nikmat? Ini Alasannya

Oleh Kopi AyoGoweb | 21-03-2022 13:55:44

Mungkin kamu sering merasakan kopi yang terasa kurang nikmat ketika diminum. Tahukah kamu penyebab kenapa banyak minuman kopi yang terasa kurang nikmat?
ilustrasi Minuman Kopi Terasa Kurang Nikmat? Ini Alasannya
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Membuat kopi ternyata tidak mudah. Ada beberapa faktor yang berkaitan dengan rasa dari secangkir minuman kopi.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar kopi lebih enak, dikutip adri CNet. 

Biji Kopi

Jika ingin menikmati kopi yang rasanya enak, mulailah dengan biji kopi segar, bukan bubuk. Alasannya karena kopi mencapai rasa puncaknya hanya beberapa hari setelah disangrai dan harus dikonsumsi dalam waktu satu bulan setelahnya.

Kalau lewat dari satu bulan setelah disangrai maka kenikmatan dari kopi perlahan meemudar.
 

Cara dan Waktu Penggilingan

Ternyata kopi mulai kehilangan rasanya dalam waktu 30 menit setelah digiling. Ukuran penggilingannya pun mesti diperhatikan. Menggiling kopi terlalu kasar membuat rasa kopi menjadi lemah, sebaliknya menggiling kopi terlalu haluspun bisa menyebabkan kopi terasa pahit.

Cara terbaik menggiling kopi adalah menggunakan tangan manual, karena mampu menghasilkan gilingan yang bagus dan konsisten. 

 

Ukuran Kopi

Ukuran kopi dalam arti rasio kopi dengan air. Idealnya rasio untuk minuman kopi adalah 1:20, dimana satu bagian kopi dengan 20 bagian air, atau sekitar 7,5 gram kopi dengan 150 milimeter air.

Kesesuaian rasio akan menghasilkan secangkir kopi yang kuat, namun beberapa orang memiliki rasionya sendiri, sesuai dengan selera masing-masing.

 

Air dan Suhu

Suhu air yang dituangkan pada kopi juga mesti mendapat pehatian serius ketika membuat kopi. Hal ini terkait pada unsur mineral yang ada pada kandungan air.

Menggunakan air yang penuh mineral tidak akan terikat baik dengan partikel terlarut dari kopi, sehingga menyebabkan kopi kurang terekstraksi dan lemah, juga menyebabkan penumpukan seperti endapan kapur.

Suhu ideal untuk membuat minuman kopi adalah mencapai antara 90-96 drajat celcius.

 

ilustrasi dari ottencoffee.co.id

sumber informasi dari kompas.com

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb