Berita

Nilai Ekspor Kopi Indonesia Kalah dari Negara yang Tidak Punya Kebun Kopi, Swiss

Oleh Kopi AyoGoweb | 02-04-2022 13:32:29

Indonesia boleh berbangga sebagai salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia, namun nilai ekspornya kalah dengan negara yag bahkan tidak punya kebun kopi.
ilustrasi Nilai Ekspor Kopi Indonesia Kalah dari Negara yang Tidak Punya Kebun Kopi, Swiss
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Indonesia adalah salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. Tercatat bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-4 negara dengan produksi kopi terbanyak di dunia (2020). Diperingkat pertama ada Brasil, disusul Vietnam, dan Kolombia diperingkat ke-3.

Kopi Indonesia pun disukai banyak negara, tercatat Indonesia adalah negara pengekspor kopi dengan volume terbanyak nomor 4 di dunia. Peringkat pertama ada Brasil, kemudian Vietnam, dan Kolombia di peringkat ke-3.

Walaupun Indonesia masuk 5 besar dunia dalam hal jumlah kopi yang diekspor, namun nilai ekspornya atau uang yang diperoleh dari pejualan kopi tersebut masih kalah jauh dengan swiss, negara yang tidak punya kebun kopi.

Swiss tercatat sebagai negara pengekspor kopi dengan nilai ekspor terbesar ke-2 dunia. Sedangkan peringkat pertama adalah Brasil. Dan Indonesia ada di peringkat ke-8 Dunia.

Negara swiss membukukan nilai ekspor kopi tahun 2020 sebesar 2.856 juta dolar, sedangkan Indonesia sebesar 821 juta dolar. 

Kata Kunci: kopi, ekspor kopi

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb