Informasi

Lima Faktor Kesuksesan Bisnis Coffee Shop Wajib Kamu Ketahui Saat Ini

Oleh Kopi AyoGoweb | 16-03-2022 14:01:22

Jika kamu ingin atau sedang membangun bisnis kedai kopi atau coffee shop, maka lima faktor berikut ini wajib mendapatkan perhatian utama, agar bisnis kopi kamu sukses.
ilustrasi Lima Faktor Kesuksesan Bisnis Coffee Shop Wajib Kamu Ketahui Saat Ini
Ilustrasi
Kopi AyoGoweb - 

Sebelum memikirkan faktor kesukesan bisnis kopi, target pasar harus ditentukan terlebih dahulu. Dalam arti, siapa kiranya yang kamu harapkan untuk membeli minuman kopi dari kedai kopi atau coffee shop yang kamu dirikan. Kamu harus tahu terlebih dahulu sifat dan prilaku mereka, selera mereka, dst.

Setelah kamu yakin dengan target pasar tersebut, kemudian barulah kamu pikirkan fakor kesuksesan bisnis kedai kopi saat ini, apa saja itu?  Usahakan lima faktor ini disesaikan dengan target pasar yang kamu incar.

 

Lokasi dan Tempat

Lokasi adalah dimana coffee shop kamu berada. Idealnya, kedai kopi atau coffee shop berada di lokasi dimana target pasar berkumpul. 

Kalau target pasar adalah mahasiswa, usahakan mencari lokasi tidak jauh dari lingkungan kampus, jika target nya adalah para pekerja maka usahakan mencari lokasi di sekitar perkantoran. 

Namun di era internet seperti sekarang, lokasi bukan lagi menjadi faktor utama kesuksesan bisnis coffee shop atau kedai kopi. Kamu bisa memanfaatkan strategi pemasaran digital untuk mengajak warganet berkunjung dan membeli minuman kopi di coffee shop kamu.

Kalau bisnis kopi kamu menerapkan konsep take away, atau grab to go, alias bawa pulang. Kamu tidak harus berjualan di tempat target pasar berkumpul, karena bisa memanfaatkan layanan online.

Namun jika konsep bisnis kopi kamu adalah sebagai tempat nongkrong atau tempat berkumpul, maka faktor tempat menjadi penentu. Tidak apa-apa lokasinya agak jauh dari pusat keramaian, namun usahakan lokasi tersebut mudah di akses, dan tempatnya nyaman dan layak sebagai tempat untuk nongkrong. 

 

Minuman Kopi

Bisnis kedai kopi atau coffee shop, jualan utamanya adalah minuman kopi. Maka dari itu minuman kopi yang disajikan sebaiknya disesuaikan dengan selera target pasar. Selain itu, harga yang diberikan sebaiknya cocok dengan kantong target pasar. 

Kalau minuman kopi yang kamu sajikan nikmat, maka orang juga tak peduli masalah harga yang sedikit lebih mahal, selama tidak kelewatan.

Selain rasa minuman kopi itu sendiri, serta harganya, sebaiknya kedai kopi atau coffee shop menyajikan beragam menu minuman kopi, sehingga tidak membosankan.

 

Pelayanan Coffee Shop

Bisnis kopi saat ini tidak hanya menjual rasa dari minuman kopi saja, namun juga pelayanan dari coffee shop itu sendiri.

Pelayanan yang dimaksud di sini adalah tentang sentuhan pengalaman yang dirasakan oleh konsumen yang datang atau membeli minuman kopi di coffee shop kamu. 

Pelayanan di sini diukur mulai dari konsumen datang hingga meninggalkan coffee shop kamu. 

Bentuk pelayanan misalkan bagaimana konsumen merasakan sapaan dan senyuman ramah dari para waiters, bagaimana kecepatan respon dari para pelayan ketika mendapatkan pesanan, bagaimana barista memahami permintaan konsumen tentang pesanan kopi mereka. 

Pelayanan tidak hanya diberikan oleh pelayan maupun baristanya, namun juga dari fasilitas sarana prasarana dari coffee shop tersebut seperti ketersediaan akses internet, serta tersedia berbagai akses pembayaran, dst.

 

Konsep Coffee Shop

Konsep coffee shop sebaiknya diperhatikan betul jika menginginkan konsumen duduk lama bersantai atau berkumpul nongkrong di coffee shop kamu.

Pastikan coffee shop tersebut nyaman bagi konsumen untuk disinggahi apakah hanya sekedar untuk bersantai atau berkumpul sesama komunitas mereka atau untuk bekerja.

Konsep di sini berkaitan dengan suasana dari coffee shop itu sendiri, masing-masing konsumen tentunya memiliki kebutuhan berbeda ketika berkunjung ke coffee shop, ada yang ingin bersantai sendiri, ada yang ingin nongkrong dengan teman-temannya, atau ada yang ingin mengerjakan tugas atau bekerja. Maka dari itu sesuaikan suasana kedai kopi atau coffee shop kamu dengan target pasar yang kamu incar.

Misalkan jika kamu menargetkan mahasiswa, maka kamu bisa menerapkan konsep kedai kopi layaknya co-working space, seperti menyediakan akses internet, meja yang lebar, colokan yang banyak, suasana yang tenang, dst.  Jadi, kedai kopi kamu bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah mereka.  

 

Promosi

Promosi merupakan faktor penting dalam dunia bisnis. Guna untuk mengajak target pasar membeli atau singgah ke lapak atau toko kamu. 

Jika kedai kopi atau coffee shop berada di pusat keramaian, bisa dikatakan kedai kopi tersebut sudah memiliki modal promosi. Strategi promosinya tidak lah terlalu sulit. Tentu lebih mudah mendapatkan lirikan dari orang-orang yang lewat.

Tinggal bagaimana ketika konsumen masuk dan mencoba minuman kopinya, coffee shop harus memberikan pelayanan yang baik dan menyuguhkan rasa kopi yang cocok dengan selera target pasar. Agar mereka kembali lagi, dan menceritakan hal yang positif tentang coffee shop tersebut.

Namun jika kedai kopi atau coffee shop jauh dari pusat keramaian, maka perlu usaha lebih keras untuk mempromosikannya. 

Promosi lewat dunia maya/internet melalui media sosial atau website merupakan hal yang wajib untuk diterapkan. Dengan memanfaatkan strategi digital marketing atau pemasaran digital melalui dunia maya.

Pusat keramaian zaman digital saat ini adalah dunia maya yang menjadi tempat berkumpulnya para netizen. 

Kamu tinggal menggiring netizen melalui saluran informasi yang ada di internet seperti melalui media sosial atau website, agar mereka penasaran, tertarik, dan akhirnya berkunjung dan membeli minuman kopi di kedai kopi atau coffee shop kamu.

Ilustrasi dari ruparupa.com

 

Pesan di

arutala coffee tokopedia-Kopi AyoGoweb